Wisata Museum Yogyakarta - Hotel Keluarga
Jun21

Wisata Museum Yogyakarta

WIsata Jogja no responses

Wisata Museum Yogyakarta

Wisata Museum Yogyakarta - Hotel Keluarga
Wisata Museum Yogyakarta – Hotel Keluarga

Hotel Keluarga. Museum Sonobudoyo terletak disebelah utara alun-alun Yogyakarta besebrangan dengan kraton, diresmikan penggunaannya oleh sultan hamengkubuwono Vll pada tahun 1935. Museum ini terbagi atas beberapa ruang seperti ruang museum, pagelaran, auditorium, panti budaya, reparasi, studio koleksi serta ruang edukasi. Museum sonobudoyo berisi benda-benda yang bermakna etnologi dan arkeologi dari wilayah Cirebon, jawa tengah, jawa timur, Madura, bali dan Lombok. Museum ini perusahaan yang menyimpan bermacam buku tentang kebudayaan jawa sehingga menjadi museum budaya yang lengkap setelah museum pusat Jakarta dan menjadi sarana pendidikan, khususnya dalam bidang seni-budaya dan kepurbakalaan. Koleksi lainnya adlah bermacam-macam topeng, wayang, gamelan, dan senjata kuno.

Museum Dirgantara - Hotel Keluarga
Museum Dirgantara – Hotel Keluarga

Dikompleks lanum adi sucipto berdiri Museum Dirgantara yang di dalamnya terdapat foto tokoh AURI, panji-panji/patka kapal terbang yang digunakan angkatan udara Indonesia pada tahun 1945 sampai sekarang serta benda-benda sejarah yang ada hubungannya dengan perjuangan AURI. Hotel Keluarga Museum memamerkan benda-benda sejarah, antara lain peninggalan pahlawan udara, pesawat miniature, diorama, pesawat terbang dari Negara-negara blok barat dan timur, senjata api, senjata tajam, mesin pesawat, radar, bom atau roket, parasut dan tokoh-tokoh penting TNI angkatan udara.

Untuk berkunjung ke museum ini, pada saat kedatangannya pimpinan rombongan/pengunjung perlu lapor di pos perjagaan. Museum ini di buka tiap hari : senin s/d kamis jam 08.00 – 13.30, jumat jam 08.00 s/d 11.00 dan hari sabtu jam 08.00 s/d 12.00, gedung museum pusat TNI AU dirgantara mandala yang ditempati sekarang adalah bekas pabrik gula wonocatur pada jaman belanda, sedangkan pada zaman jepang digunakan untuk gudang senjata dan hangar pesawat terbang.

Museum Affandi - Hotel Keluarga
Museum Affandi – Hotel Keluarga

Museum lainnya adalah Museum Affandi, ini terletak di sisi sebelah utara dari jalan solo no.167, tepatnya di lereng sebelah barat jembatan sungai gajahwong, kompleks museum yang menepati tanah seluas 3500 m terdiri dari bangunan museum dan bangunan rumah yang dahulu merupakan rumah tinggal pelukis affandi dan keluarganya. Hotel Keluarga Affandi telah banyak menerima penghargaan dari negri-negri asia dan eropa, disamping gelar doctor honoris causa yang diterimanya dari universitas Singapore. Koleksi lukisan affandi yang tersimpan di museum ini berjumlah 300 buah yang secara berkala di pamerkan di museumnya.

Monument Serangan Oemoem 1 maret. Terletak disebelah selatan benteng vredeburg berdiri dengan tegar, mengingatkan kita pada peristiwa nasional yang tersebar dalam sejarah berdirinya RI. Hotel Keluarga Peristiwa ini pada tanggal 1 maret 1949, tatkala letnan colonel soeharto0 ( mantan presiden RI) memimpin setrangan u8mum ke kota Yogyakarta yang saat itu berada dalam penguasaan bala tentara penjajah belanda. Serangan itu berhasil dengan gemilang dan tentara nasional Indonesia telah berhasil menguasai kota yogyakrta selama 6 jam yang membawa hasil penyerahan kedaulatan rakyat dari pihak pemerintahan belanda kepada RI.

Monument Jogja Kembali - Hotel Keluarga
Monument Jogja Kembali – Hotel Keluarga

Monument Jogja Kembali, untuk mengenang peristiwa sejarah yaitu bebasnya Yogyakarta  dari pendudukan belanda tahun 1949. Monument ini terletak di sariharjo, ngaglik sleman kira-kira 7 km dari tugu Yogyakarta. Gedungnya berbentuk kerucut menyerupai gunung dan terdiri dari tiga lantai. Hotel Keluarga Lantai dasar punya pintu lurus dari barat ke timur sesuai dengan rotasi bumi. Pada lantai ini terdapat bermacam-macam display dan cerita lengkap mengenai peristiwa menjelang “yogya kembali”. Lantai kedua punya pintu lurus dari utar ke selatan, terjalin dengan garis filsafat bangunan kraton Yogyakarta. Lantai ini berisi 40 relief perjuangan phisik dan diplomasi perjuangan bangsa sejak 17 agustus 1945 vsampai 28 desember 1949.

Lantai ketiga berada pada bagian lantai paling atas, pada lantai ini tidak memiliki pintu para pengunjung bisa masuk ke ruangan ini melalui bagian bawah. Lantai ini punya satu ruang yang disebut “garbha graham” atau ruang hening sehingga wisatawan yang berkunjung dapat mensyukuri karuni tuhan dan memohon agar para syuhada diterima di sisi tuhan sesuai amal ibadahnya.

Museum affandi yang merupakan rumah dan studio almarhum affandi, salah seorang pelukis besar Indonesia. Museum ini terletak di jalan adisucipto yang menuju ke Bandar udara. Bangunan museum ini mempunyai arsitektur yang unik dan berlokasi di tepi sungai gadjah wong. Museum ini menyimpan koleksi lukisan affandi semasa hidupnya. Hotel Keluarga Pelukis lainnya yang membangun museum adalah nyoman gunarsa yang terletak di Jl.wulung 43 papringan catur tunggal depok sleman. Museum yang secara khusus menyimpan karya-karya lukisan kontemporer dari bebrapa pelukis juga menjadi tempat berkumpulnya para seniman yang mengadakan diskusi, sarasehan, ceramah dan sebagainya.

Museum Biologi - Hotel Keluarga
Museum Biologi – Hotel Keluarga

Museum Biologi berada di jalan sultan agung yang merupakan bagian dari fakultas biologi universitas gajah mada. Museum ini digunakan untuk menyimpan aneka flora dan fauna serta dilengkapi dengan diorama serta keterangan mengenai kehidupan hewan-hewan yang ada di Indonesia. Hotel Keluarga Diantara banyak binatang yang diawetkan di museum ini adlah komodo ( veranus comodoenesisi) binatang terbesar di dunia yang hanya hidup di pulau komodo.

Museum wayang kekayon terletak di Jl.raya yogya-wonosari km 7 merupakan museum yang menyimpan berbagai jenis wayang dari yogyakrta, solo, Madura, bali, bahkan juga bebrapa wayang dari luar negri. Hotel Keluarga Museum ini juga di lengkapi dengna auditorium dan ruang video untuk presentasi pagelaran wayang. Di halaman museum terdapat koleksi tanaman langka, kantin, dan ruang cideramata. Museum ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 15.00v WIB.

Museum Puro Pakualaman terletak di istana puropakualaman di jalan sultan agung yang merupakan tempat tinggal sultan paku alam. Sayap timur bagian depan dari istana ini dipergunakan sebagai museum puro pakualaman dengan mempergunakan empat buah ruangan. Hotel Keluarga Dalam museum ini tersimpan benda-benda bersejarah yang memiliki nilai budaya tinggi, yang merupakan peninggalan masa silam dari keluarga pakualaman.

Museum KretaKraton - Hotel Keluarga
Museum KretaKraton – Hotel Keluarga

Museum Kereta Keraton terletak di kompleks kraton besebrangan dengan bangsal pagelaran. Tepatnya disebelah jalan rotowijayan, koleksi museum ini dikhususkan untuk menyimpan alat angkutan yang pernah dipergunakan sultan-sultan yogyakrta dan krabat kraton dalam berbagai kegiatan. Hotel Keluarga Beberapa kereta yang ada di alamnya antara lain : kreta kiai jaldra, kreta kia mandajuala serta kertea yang dipergunakan untuk penobatan sri sultan hamengku buwono V1 s/d X yaitu kreta kia garuda yeksa.

Museum perjuangan dibangun di bekas ndalem brotokusuman, jalan colonel sugiyono yogyakrta. Arsitektur bangunan merupakan perpaduan antara gaya romawi kuno dengan gaya Indonesia pada jaman candi-candi. Hotel Keluarga Sebagai museum sejarah, museum perjuangan menyimpan benda-benda yang menyertai perjuangan maupun informasi tentang perjuangan itu sendiri, ia membatasi masa kesejarahannya dari pra-kemerdekaan sampai pasca merdeka. Juga terdapat relief-relief, foto-foto, replica, bahkan berupa barang-barang. Museum ini di pugar pada tanggal 30 juni 1980 dibawah pengawasan bidang permuseuman sejarah dan purbakala kanwil pendidikan dan kebudayaan DIY.

Sasmitaloka Sudirman memuat sisi kehidupan panglima besar jendral sudirman. Barang-barng peninggalan, foto serta replica-replika yang terdapat di museum ini semuanya berhubungan dengan jendral sudirman. Museum ini terletak di jalan bintaran no.3 yogyakarta yang dahulu merupakan tempat kediaman pak dirman. Hotel Keluarga Didalam sasmitaloka ada 13 ruangan yang menceritakan bagaimana kehidupan pak dirman keseharian. Setiap ruangannya terdapat barang-barang peninggalan yang sekaligud menjadi diorama bagi pak dirman.

Museum Dharma Wiratama - Hotel Keluarga
Museum Dharma Wiratama – Hotel Keluarga

Museum Darma Wiratama terdapat di jalan jendral sudirman 75 yogyakarta. Museum ini milik angkatan darat yang lebih merekam kisah perjuangan pada masa sesudah Indonesia merdeka. Hotel Keluarga Museum ini lebih banyak mempertontonkan alat-alat perang besarjaman dahulu. Selain itu juga terdapat foto-fotopejabat angkatan darat RI. Semua koleksi di museum in terutama yang kecil-kecil disimpan dalam almari besar yang diberi kaca, dan beralaskan karpet warna merah matang. Pada tahun 1950 s/d 1980 gedung inidigunakan menjadi markas komando resimen (makorem). Barulah pada 1980 gedung ini dijadikan museum dharma wiratama hingga sekarang.

Museum Dewanara Kirti Griya di Yogyakarta merupakan museum yang didirikan untuk mengenang tokoh pendidikan nasional ki hajar dewantara. Bangunan museum ini dulunya adalah rumah milik ki hajar dewantara atau raden mas suwardi suryaningrat yang dibelinya dari janda penguasa perkebunan belanda yang bernama mas ajeng ramsinah. Di rumah inilah dulu ki hajar merumuskan gagasannya tentang dunia pendidikan dan kebudayaan untuk memperbaiki kondisi bangsa Indonesia. Bagi yang ingin mengunjungi museum ini, pintu masuk tidak melalui pintu depan, melainkan melalui pintu di serambi samping.Hotel Keluarga